DISKOMINFO

Kadis Kominfo Padang Pariaman Zahirman,S.Sos.MM sangat mengapresiasi dengan adanya kunjungan dari Diskominfotik Provinsi Sumbar


Paritmalintang, - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman Zahirman menerima kunjungan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Sumbar bertempat di Ruang Dillo Kantor Bupati Lt. 2 Kawasan Parit Malintang, Rabu, (06/07).

 

 

Rombongan yang dipimpin oleh Kabid Siber dan Sandi Eko Faisal tersebut, disambut hangat oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Zahirman dan didampingi oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian Jausman, Kepala Bidang Layanan E-Goverment Roza Suhendra, Nelly Aswati, Pranata Komputer Rinaldo, dan Staf Persandian Fitri Gusmi.

 

 

Eko Faisal mengatakan, pertemuan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan safari siber dan sandi yang telah dilaksanakan dari beberapa waktu yang lalu dengan mengunjungi Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

 

 

Dalam paparannya, Eko menyebutkan bahwasanya ada tiga bagian pokok yang menjadi fokus utama dalam agenda pertemuan itu. Pertama, Penerapan Perka BSSN No. 4 Tahun 2021 tentang Pedoman Manajemen Keamanan Informasi SPBE dan Standar Teknis serta Prosedur Keamanan Informasi SPBE.

 

 

"Manajemen keamanan informasi SPBE menjadi penting sebab merupakan acuan dari serangkaian proses yang meliputi penetapan ruang lingkup, penanggung jawab, perencanaan, dukungan pengoperasian, evaluasi kinerja, dan perbaikan secara berkelanjutan." Ungkapnya.

 

 

Lebih lanjut, Eko yang juga didampingi oleh Sandiman Ahli Muda Roby Charma ini menambahkan, poin kedua adalah mengenai pola hubungan komunikasi antar perangkat daerah. Pola hubungan komunikasi ini memuat beberapa poin penting, yaki entitas pengguna layanan, topologi pengguna layanan, sarana prasarana, serta tanggung jawab pengelola dan pengguna layanan. 

 

 

"Untuk poin kedua ini, kita meliputi Surek atau persuratan elektronik, email dinas OPD dan ASN, serta media transmisi berbasis IP maupun Radio." tambahnya.

 

 

Selanjutnya, poin ketiga yang kemudian menjadi poin penting dalam pertemuan ini adalah mengenai pembentukan CSIRT. CSIRT merupakan Computer Security Incident Response Team. CSIRT merupakan organisasi atau tim yang bertanggungjawab untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber.

 

 

Kadis Kominfo Zahirman dalam sambutannya, sangat mengapresiasi dengan adanya kunjungan dari Diskominfotik Provinsi Sumbar tersebut. Menurutnya, informasi yang ia terima melalui pertemuan tersebut merupakan hal yang baru dan siap ia terapkan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman.

 

 

"Informasi yang kami terima dengan adanya kunjungan ini adalah hal baru dan sangat bermanfaat. Ilmu baru ini siap kami tindaklanjuti sesegera mungkin untuk Padang Pariaman Berjaya." Ungkapnya. (IKP-Kominfo/e)



BACA JUGA